Belajar Dari Kesalahan dan Mencoba Maju

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Setiap hal yang telah terjadi, tentu ada konsekuensinya. Apapun itu, entah menyenangkan ataupun menyakitkan, apa yang telah kita lakukan harus kita terima akibatnya. Penyesalan adalah bukti bahwa kita sadar. Sadar akan kesalahan kita dalam memilih. Walaupun pilihan yang membuat penyesalan itu belum tentu pilihan terburuk.
Yah sebagai orang hidup yang punya akal juga hati memang sangat mudah untuk menyesal akan sesuatu yang kita sendiri belum tau rahasia dibalik kejadian itu. Ada orang yang menyesal membantu seorang nenek di jalan hingga dia ketinggalan pesawat, tapi nyatanya kemudian dia bersyukur tidak jadi naik pesawat itu karena telah terjadi kecelakaan pada pesawat yang seharusnya dia tumpangi. Ada orang yang menyesal memutuskan suatu hubungan dengan pasangannya yang belum sah, bisa jadi waktu itu dia belum siap secara mental dan materi, belum tau apa yang akan terjadi jika hubungan tersebut terus berlanjut. Karena bisa jadi malah bisa saja menjadi petaka. Baru setelah lama berpisah akhirnya bisa dipertemukan pada hubungan yang sah dengan pasangannya tadi yang telah siap secara mental dan materi.
Waktu tidak bisa berputar ke belakang. Dan seharusnya setiap orang pun tidak boleh berangan-angan tentang masa lalu. Karena angan-anagan hanya menambah sakit ketika tidak terealisasi. Bergerak maju, memperbaiki masalah yang telah ditimbulkan di masa lalu tentu lebih baik. Walau hal yang telah terjadi belum tentu kembali lagi seperti waktu itu. Tapi aku masih berharap masih bisa bersamamu.

Semarang entah kapan dan sejak kapan.
Untuk penyesalan dan harapanku di masa lalu dan masa kini.

Komentar

Postingan Populer